Panduan Install WordPress di Hosting cPanel

Panduan Install WordPress di Hosting cPanel

Kembali lagi dengan kami PanduanWordPress.My.Id . Masih ingat apa itu WordPress dan apa bedanya WordPress.org dengan WordPress.com ? Kali ini kita akan belajar install WordPress.org nya. Lebih lengkapnya kami akan share tutorial panduan install CMS WordPress di cPanel.

Sebelum itu, kita perlu memiliki nama domain dan hosting cPanel. Apa itu domain dan apa itu hosting ? Bagi temen-temen yang belum tahu, bisa menuju link dibawah ini:

Baca juga: Pengertian Singkat Domain, Hosting, dan Contoh

Temen-temen bisa beli/order domain dan hosting di provider domain hosting besar. Seperti Rumahweb, Niagahoster, Masterweb, atau lainnya sesuai kepercayaan temen-temen. Anggap kita sudah memiliki domain dan hosting dengan cPanel, mari melanjutkan install CMS WordPress-nya.

  1. Silakan Temen-temen login ke hosting cPanel. Bagi yang belum tahu, berikut beberapa cara login ke cPanel hosting yang dapat dipelajari:
  • Apabila hosting di Rumahweb dan tidak tahu username password cPanel, temen-temen bisa mengikuti panduan ini: Login cPanel Hosting di Rumahweb
  • Bagi yang sudah tahu username dan password cPanel, silakan mengakses https://namadomain.com/cpanel [ganti namadomain.com dengan nama domain temen-temen sendiri], lalu isikan username password cPanelnya.
  1. Langkah kedua. Setelah berhasil login cPanel, cari menu Softaculous. Mudahnya temen-temen bisa tulis “Softaculous” di kolom pencarian cPanel. Kemudian diklik.
Panduan install cms WordPress dengan softaculous di cPanel - panduanwordpress.my.id
Panduan install cms WordPress dengan softaculous di cPanel – panduanwordpress.my.id
  1. Setelah itu temen-temen akan dibawa ke halaman Softaculous App Installer. Pilih WordPress > install
Install WordPress disoftaculous hosting cPanel - panduanwordpress.my.id
Install WordPress disoftaculous hosting cPanel – panduanwordpress.my.id
  1. Kemudian isi kolom-kolom di Software Setup atau konfigurasi WordPress. Mulai dari atas sampai bawah. Ubah yang kami tandai warna merah, sisanya opsional.
Install cms WordPress softaculous - PanduanWordPress.my.id
Install cms WordPress softaculous – PanduanWordPress.my.id

Software Setup:
Choose the version you want to install : adalah versi cms WordPress. Kami sarankan tidak perlu diubah. Karena otomatis memakai versi terbaru
Choose Installation URL: Pilih Protokol https:// – Pilih nama domain Anda sendiri – In Directory defaultnya terisi wp. Silakan dikosongkan

Site Setting:
Site Name: Isi nama website Anda. Misalnya “Toko Bangunan Berkah”
Site Description: Isi deskripsi singkat website Anda. Misalnya “Melayani berbagai macam alat bangunan, material, kayu dan sebagainya. Harga bersaing”
Enable Multisite (WPMU): Bagi yang baru, kami sarankan jangan dicentang.

Install cms WordPress softaculous 1 - PanduanWordPress
Install cms WordPress softaculous 1 – PanduanWordPress

Admin Setting: Isi username, password, dan email admin sesuai yang Anda inginkan. Data ini nanti digunakan untuk login ke halaman admin atau dashboard website WordPress.

Choose Language: Ini bahasa yang digunakan didalam halaman admin atau dashboard website WordPress.

Select Plugin(s)
Limit Login Attempts (Loginizer) : Fitur ini untuk melimit kegagalan login ke halaman dashboard. Misalnya dilimit 3 kesalahan login. Jika salah 3 kali berturut-turut, login Anda akan diblok.

Install cms WordPress softaculous 2 - PanduanWordPress
Install cms WordPress softaculous 2 – PanduanWordPress

Advanced Options: Fitur lanjutan. Fitur untuk mengubah database name, prefix database. Juga untuk membuat automatic backup yang akan tersimpan didalam hosting. Ada juga fitur auto upgrade plugin dan themes.

  1. Terakhir klik tombol Install paling bawah.
Install cms WordPress di softaculous berhasil
Install cms WordPress di softaculous berhasil

Akan ada notif seperti ini jika instalasi cms WordPress berhasil. Perhatian dua link didalam notif tersebut. Link atas adalah hasil install dan link bawah adalah link/halaman untuk login ke dashboard WordPress.

Kesimpulan

Cara ini bisa saja berbeda dengan halaman cPanel temen-temen. Karena perbedaan versi cPanel dihosting, versi Softaculous. Tetapi kami yakin perbedaan tampilan panduan install WordPress ini tidak begitu jauh. Silakan mengisi komentar dibawah ini agar kita bisa diskusi bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *