Mengenal Fitur-fitur di WordPress

Mengenal Fitur-fitur di WordPress

Banyak sekali fitur-fitur di CMS WordPress, baik fitur umum yang sering digunakan maupun fitur yang jarang digunakan. Didalam artikel ini, kita akan mengenal fitur-fitur yang ada di WordPress. Bagi yang sudah katam, bisa skip atau lanjut membaca sebagai perbandingan.

Post

Post merupakan fitur paling utama dari semua aplikasi website. Yaitu digunakan untuk membuat artikel untuk diterbitkan. Dalam fitur post ini, ada beberapa sub, seperti:

  • All post, berfungsi untuk melihat semua post yang sudah dibuat. Baik yang sudah diterbitkan maupun yang belum. Dari menu ini, kita bisa edit edit artikel yang sudah ada dan menghapus artikel.
  • Add new, berfungsi untuk tempat membuat artikel kemudian menerbitkannya.
  • Categories, berfungsi untuk membuat kategori artikel atau postingan. Membuat kategori ini sangat penting, untuk memudahkan pengelompokkan artikel berdasarkan kategori tertentu.
  • Tags, merupakan tempat seluruh tags yang ada di postingan anda.

Media

Fitur ini digunakan untuk menambahkan media kedalam website, seperti video dan audio. Seluruh gambar yang diupload kedalam artikel akan ditampilan dimenu Media > Library.

Selain itu, kita bisa membuat Title, Caption, Description masing-masing gambar darimenu ini.

Pages

Fitur Pages digunakan untuk membuat halaman atau menu yang tunggal. Biasanya menu disamping home. Seperti bous us, kontak, portofolio, dan sebagainya.

Comments

Pengunjung website yang menulis komentar, akan dimoderisasi difitur ini. Kita bisa menyetujui, menolak, ataupun menghapus komentar yang masuk.

Kita harus berhati-hati memasang komentar didalam website, karena bisa terkena spam komentar. Yang membuat database bengkak, akhirnya website terasa berat bahkan error. Solusinya disable fitur komentar atau memasang CAPTCHA.

Appearance atau Tampilan

Fitur WordPress ini untuk mengatur tampilan website agar lebih bagus menurut versi masing-masing.

  • Themes, untuk upload, mengaktifkan, dan menghapus themes atau tema website
  • Customize, digunakan untuk mengatur website lebih spesifik. Seperti setting warna, background, tittle, tagline website, dan sebagainya.
  • Widget, aplikasi kecil tambahan yang ditempelkan diwebsite. Biasanya disamping kiri, kanan, maupun difooter. Widget yang paling sering digunakan adalah widget pencarian [search], postingan terbaru, postingan terpopuler, icon sosial media dan kategori.
  • Menus, digunakan untuk membuat struktur menu yang akan dipasang diwebsite. Menu ini didalamnya bisa terdapat atau beberapa pages, kategori, link external, bahkan postingan sekalipun.
  • Header, digunakan untuk mengatur header website. Biasanya upload gambar diheader. Header ini biasanya juga sudah masuk dalam fitur didalam customize.
  • Background, digunakan untuk mengubah background dengan warna maupun gambar.
  • Themes editor. digunakan untuk mengubah, menambah, maupun menghapus baris kode php themes website. Salah mengubah kode disini, bisa menyebabkan website error.

Plugins

Menu ini digunakan untuk install plugin WordPress, baik plugin berbayar maupun versi gratis.

Users

Digunakan untuk manajemen user WordPress. Kita bisa menambah user baru sebagai administrator, contributor, editor, author, dan lainnya.

Tools

Digunakan untuk import export konten xml kedalam website. Tools dimenu ini akan bertambah apabila install plugin tertentu, seperti SEO Yoast dan sebagainya dengan fungsi masing-masing.

Settings

  • General, digunakan untuk mengatur Site Title, Tagline website, email administrator, waktu, dan bahasa halaman administrator website.
  • Writing, digunakan untuk mengatur default postingan dan kategori website
  • Reading, digunakan untuk mengatur halaman depan website [postingan terbaru atau halaman statis]. Untuk website yang fokus ke marketing dan hanya single page. Diatur dari menu ini dan memilih static page.
  • Discussion, digunakan untuk mengatur komentar dipostingan, pengaturan komentar lain, dan moderisasi komentar.
  • Media, menu ini digunakan untuk mengatur ukuran thumbnail gambar, dan mengorganisasi gambar yang diupload kehosting dengan format tahun bulan.
  • Permalink, fitur di wordpress ini digunakan untuk mengatur permalink website. Menu ini penting diperhatikan karena berkaitan dengan SEO. Agar url postingan SEO friendly, sebaiknya memakai permalink Post name.
  • Privacy, menu ini digunakan untuk membuat menu atau pages Privacy Policy secara otomatis. Kita bisa memakai fitur ini atau membuat menu manual.

Di website panduanwordpress.my.id ada menu tambahan, karena memasang plugin AddToAny [digunakan untuk tombol share ke sosial media], Under Construction [digunakan untuk menampilkan halaman under contruction sementara], dan SEO Yoast [plugin ini digunakan untuk optimasi SEO website].

Menu tambahan sebagai fitur cms WordPress - panduanwordpress.my.id
Menu tambahan sebagai fitur cms WordPress – panduanwordpress.my.id

Kesimpulan

WordPress sangat kaya akan fitur-fitur yang memanjakan pengguna. Dengan cms WordPress, kita bisa membuat berbagai macam jenis website, seperti website blog, company profile, portofolio, toko online, website member, dan banyak lagi.