Apa itu WordPress ? Lengkap dengan keunggulannya

Apa itu WordPress

Apa itu WordPress ? WordPress digunakan untuk apa ? Pertanyaan ini muncul bagi sebagian orang yang baru mengenal dunia website. Entah karena tugas sekolah, ingin coba membuat website pribari, maupun toko online sekalipun.

A. Pengertian WordPress

WordPress adalah salah satu CMS [Content Management System] berbasis open source, yang paling banyak digunakan. WordPress digunakan sebagai engine blog, dan berbasis PHP dan MySql.

Menurut survey dari web W3Techs [per Mei 2020], 37.5% website didunia memakai engine WordPress. Presentasenya meningkat dari tahun ke tahun.

Apa itu CMS [Content Management System] ?

Secara umum CMS adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambah atau mengubah isi website. Dengan CMS ini, Anda yang tidak memiliki basic pemrograman web [koding], bisa membuat website dengan mudah.

Umumnya CMS memiliki dua tampilan. Tampilan admin [Backend] untuk manage website, seperti mengatur layout, tema website dan mengatur konten. Dan tampilan user [Front-End], yang diakses oleh pengunjung website.

B. Sejarah awal berdirinya WordPress

Nama WordPress tidak muncul sejak awal pembangunannya. WordPress adalah penerus resmi dari proyek b2/cafelog, yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Kemudian Christine Selleck, temannya Michel Valdrighi mengusulkan menggunakan nama WordPress. [Wikipedia]

Perkembangan WordPress

WordPress bermula dari Michel Valdrighi yang merasa sayang dan mulai melanjutkan pengembangan software b2/cafelog. Dengan kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little, akhirnya WordPress muncul pertama kali tahun 2003.

WordPress cepat mendapatkan respon positif, karena memiliki banyak fitur dan tampilan menarik. Selain itu, banyak dukungan komunitas terhadap CMS open source ini untuk memudahkan pemakai user, mempelajari dan mencari informasi.

Mullenweg dan Little merilis versi pertama WordPress (WordPress 1.0) pada bulan Januari 2004. Dengan fitur inti yang kita gunakan sampai saat ini, seperti edit WordPress, instalasi WordPress, permalink, sistem manajemen user, dan sebagainya.

dalam rangka penghormatan, versi rilis diberi nama sandi dari para pengembang inti WordPress. Mereka berbagi layaknya membuat komposisi musik jazz. Namun, ada tiga versi sebelum versi 1.0 yang tidak mereka beri sebutan dan hanya menyertakan versinya saja. Saat artikel ini dibuat, WordPress sudah merelease versi 5.4.2

Setelah beberapa tahun WordPress bertranformasi dengan kaya fitur. Kini WordPress dikembangkan oleh komunitas open-source diseluruh dunia. Pengembang dapat bekerja secara remote maupun bertemu langsung dengan pengguna akhir [end user] di konferensi WordCamp. Semua saling berbagi ide, mengenal satu sama lain untuk perkembangan WordPress.

C. Fitur-fitur yang ada di WordPress

Di dalam website WordPRess, terdapat banyak fitur default yang cukup untuk membuat website sampai jadi. Seperti menulis artikel atau postingan, upload gambar, instsall plugins, menambah plugin, mengubah tema, mengatur layout, dan sebagainya. Semua fitur ini bisa kita gunakan dengan mudah.

Tampilan halaman admin WordPress pun terlihat simpel dan mudah digunakan. Selain itu, dengan dukungan banyak komunitas diseluruh dunia, WordPress ini semakin mudah dipelajari.

Agar lebih lengkap, fitur-fitur di WordPress ini akan kami buat artikel khusus.

D. Keunggulan WordPress

Selain kaya dengan fitur, WordPress memiliki banyak keunggulan dibandingkan aplikasi atau CMS lain. Diantaranya:

  • Gratis. Kita bisa mengunduh WordPress secara gratis untuk website personal, bahkan untuk blog komersial sekalipun.
  • Untuk pemakai pemula, WordPress ini mudah digunakan dan banyak sekali panduan yang tersedia diinternet. Untuk pemakai expert. WordPress bisa diubah kode nya, sesuai kebutuhan.
  • WordPress memiliki fitur multi user, diantaranya Contributor, Autor, Editor, dan Administrator
  • Memiliki dukungan banyak komunitas
  • Tersedia banyak themes dan plugin gratis yang terus diupdate. Cari disitus resmi http://wordpress.org
  • Tersedia struktur permalink seo friendly, memudahkan dikenali oleh mesin pencari
  • Tampilan halaman admin yang simple dan mudah digunakan

E. Kekurangan WordPress

Tidak ada gading yang tak retak. Semakin banyak digunakan di seluruh dunia, semakin besar kemungkinan dincar oleh peretas.

Apabila tidak hati-hati dalam membangun website, alih-alih mendapatkan keuntungan. Kita bisa mendapatkan kerugian karen website terkena hack.

  • Banyak themes dan plugin bajakan [nulled] yang sering disisipi kode hack. Sehingga mudah diretas.
  • Semakin banyak plugin yang digunakan, potensi website menjadi lambat sangat besar.

F. Mengapa memakai WordPress ?

WordPress adalah aplikasi website yang banyak dipakai diseluruh dunia. Banyak komunitas dalam dan luar negeri, yang siap membantu memberikan saran. Atas permasalahan pemakaian WordPress.

Banyak themes dan plugin free maupun berbayar. Dengan kebutuhan website apapun. Seperti website personal, company profile, toko online, sekolahan, dan sebagainya.

Beberapa situs ternama juga memakai engine WordPress, seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.

Dengan begitu banyak keunggulan WordPress, itulah alasan mengapa memakai WordPress.

G. Bagaimana cara memakai WordPress ?

Sebelum kita lanjutkan cara memakai WordPress, kami ingin memberikan informasi dulu, bahwa ada dua tipe WordPress yang kita kenal. Yaitu WordPress.org dan WordPress.com . Lantas apa perbedaan WordPress.org dengan WordPress.com ? Santai :), penjelasan detailnya silakan klik link artikel tersebut.

Secara singkat WordPress.org untuk website dengan nama domain sendiri, seperti namawebsite.com , namawebsite.co.id, dan sebagainya. Sedangkan WordPress.com untuk membuat website dengan ada embel-embelnya wordpress.com , seperti namawebsite.wordpress.com , tokoku.wordpress.com .

Mungkin akan ada pertanyaan, “WordPress mana yang cocok untuk saya? “. Sebelum itu, tentukan dulu kita ingin membuat website apa. Jika ingin membuat website WordPress tetapi baru belajar, Anda bisa memakai WordPress.com dulu. Apabila sudah lumayan terbiasa atau langsung ingin membuat website memakai nama domain sendiri, Anda bisa memakai WordPress.com .